Cara menaikkan omset toko online lewat “cinta pada pandangan pertama”

Setelah sebelumnya kami membocorkan Cara Meningkatkan Omset ala ITtron Mall, kini ada cara lain yang mungkin belum pernah Anda coba. Ada yang penasaran dengan judulnya ya? Hehe. Tapi memang benar, “cinta pada pandangan pertama” memang bisa menjadi salah satu cara menaikkan omset toko online, bukan sekedar hoax. Biar tidak semakin penasaran, langsung saja ya.

 

Banyak yang bilang cinta itu berawal dari mata, turun ke hati, cieeeee. Eh, ternyata dalam berjualan online, hal itu benar adanya. Coba saja ingat-ingat saat berbelanja online, pastinya mata kita berpengaruh besar dalam mengambil keputusan. Dan yang menjadi perhatian mata kita pertama kali adalah foto produk.

 

Foto produk memang dapat menjadi salah satu cara menaikkan omset yang ampuh. Itulah alasannya mengapa banyak seller online yang berlomba-lomba memasang foto produk semenarik mungkin untuk memanfaatkan momen “cinta pada pandangan pertama” ini. Berbagai cara pun dilakukan mulai dari menjepret produk dengan kamera kualitas tinggi, mendesain latar belakang untuk foto semenarik mungkin, memakai model yang cantik atau ganteng, bahkan tak jarang memanfaatkan jasa artis atau selebgram yang perlu modal tentunya.

 

Cara menaikkan omset ternyata tak berhenti pada foto produk yang menarik saja, peletakkannya di toko online pun dapat mempengaruhi keputusan customer untuk membelinya atau tidak. Lagi-lagi memanfaatkan efek “cinta pada pandangan pertama” sebagai cara menaikkan omset. Dalam istilah Psikologi, efek ini disebut sebagai efek primasi. Efek primasi mampu membuat orang cenderung menganggap atau menghakimi bahwa yang pertama adalah yang terbaik. Dilansir oleh study.com, hal yang kita lihat pertama kali akan lebih mudah diingat dibandingkan dengan hal lain yang kita lihat di waktu selanjutnya. Alasannya karena apa yang kita lihat pertama kali memiliki lebih banyak kesempatan untuk diulang-ulang di dalam memori otak.

 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara menaikkan omset dengan memanfaatkan efek primasi, mungkin masih ada beberapa pembaca yang bingung? Jika masih bingung, langsung saja ke contoh kasusnya. Saya sendiri sering terkena efek primasi saat berbelanja. Salah satu contohnya adalah saat saya berbelanja baju Lebaran beberapa tahun yang lalu. Saat itu, saya, Ibu dan Bibi berniat membeli baju Lebaran bersama. Saat memasuki sebuah toko, mata saya terpaku pada baju berwarna kuning yang di letakkan tepat di depan pintu masuk. Jadi, saat saya memasuki toko, baju itulah yang saya lihat pertama kali. Setelah beberapa saat melihat-lihat baju yang lain, belum juga ada yang cocok. Saya masih tertarik dengan baju kuning yang pertama tadi. Namun, Ibu dan Bibi menyarankan untuk mencoba mencari dulu ke tempat lain. Akhirnya kami bertiga memutuskan untuk pergi dari toko tersebut. Namun, setelah beberapa toko, sibuk memilih-milih, tetap saja belum ada yang sreg, sampai capek. Akhirnya saya memutuskan untuk kembali saja ke toko pertama untuk membeli baju kuning tadi.

 

Sudah lebih jelas dengan efek primasi kan? Lalu bagaimana cara menaikkan omset dengan memanfaatkan efek primasi pada toko online?

 

  1. Menempatkan produk pada header (bagian atas) website toko online

Yap! Header website adalah lokasi yang sangat menarik perhatian mata. Cara menaikkan omset dengan efek primasi dapat dimulai dengan memanfaatkan area ini. Bukankah biasanya terdapat slide show pada header website? Tugas kita adalah memanfaatkan slide show ini sebaik-baiknya dengan cara meletakkan produk-produk yang kita target. Perbanyak paparan produk pada mata pengunjung website sehingga kemungkinan mereka terkena efek primasi jauh lebih besar.

 

  1. Memanfaatkan area New Products

Sudah rahasia umum jika customer suka dengan produk baru. Jadi, tak heran jika area ini juga menarik perhatian banyak mata. Cara menaikkan omset dengan memanfaat area New Products adalah seperti ini. Jika biasanya hanya produk-produk baru yang Anda letakkan di bagian ini, mulailah untuk mencoba meletakkan produk-produk lainnya. Tak harus baru, sebisa mungkin pilihlah produk yang dapat mendongkrak omset dengan cepat. Siapa tau ada yang terkena “cinta pada pandangan pertama” pada area ini.

 

  1. Letakkan produk di sebelah kiri atas

Cara menaikkan omset selanjutnya adalah dengan memanfaatkan setiap lokasi yang ada di kiri atas website. Kenapa kiri atas? Saat kita melihat atau membaca, bukankah kita memulainya dari bagian atas sebelah kiri, lalu ke kanan? Benar kan? Oleh sebab itu, efek primasi harus dimanfaatkan sebaik-baiknya di lokasi ini.

Letakkan setiap produk yang Anda target di sebelah kiri atas agar dapat dilihat pertama kali oleh customer. Semakin banyak yang mengalami “cinta pada pandangan pertama” maka akan semakin menguntungkan bagi Anda :D

 

Pastinya penasaran ingin segera mencoba cara menaikkan omset dengan memanfaatkan efek primasi kan? Yuk, jangan ditunda-tunda. Lakukan sekarang!

RECENT POST

By | June 24th, 2017
By | June 21st, 2017
By | June 20th, 2017
By | June 15th, 2017
By | June 9th, 2017
By | June 7th, 2017

contact us

GET IN TOUCH

If you've got any question or feedback, just drop us a line

SUBSCRIBE

Enter your email address to get the latest news and special events