Jangan sepelekan masalah satu ini walau toko online sudah laris!

Kesibukan di kantor membuat saya lebih memilih berbelanja online ketimbang belanja offline. Alasan utama saya adalah karena belanja online sangat menghemat waktu. Cukup luangkan waktu sebentar di depan laptop atau smartphone, pilih-pilih, cekout, transfer, tinggal tunggu barang sampai. Sangat efisien!

 

Rutin berbelanja online membuat membuat saya memiliki beberapa toko online langganan.  Saat membeli hijab, saya biasa berbelanja ke Halee*a atau S*fa Galery Hijab. Berbelanja kosmetik atau perawatan tubuh di B*ns Kosmetik atau UD. M*gah Ab*di. Berbelanja kebutuhan kerajinan tangan di M*ydee H&D’Craft, L*votech atau Lily F*orist dan masih ada sederet toko online langganan lainnya.

 

Namun, beberapa waktu terakhir ada yang mengganjal di hati dan membuat perasaan kurang nyaman. Beberapa toko online yang membuka jualan di Instagram terutama, yang followersnya sudah banyak (ribuan sampai puluhan ribu) tidak memberikan nomor resi kepada cutomer. Nomor resi baru diberikan jika customer bertanya.

Kenapa?

 

Kurang tau pasti alasannya. Namun bisa jadi karena banyaknya orderan yang datang sampai tidak sempat membagikan nomor resi, atau mungkin karena repeat order (pelanggan) akhirnya dianggap sudah percaya, atau karena sudah merasa punya reputasi bagus jadi customer  tidak perlu diberi nomor resi atau alasan lainnya. Namun, yang jelas apapun alasannya, nomor resi seharusnya wajib dibagikan. Alasannya? Karena nomor resi adalah satu-satunya pegangan customer selama paket belum sampai di tangan. Paket yang sedang dikirim hanya dapat dilacak atau diketahui keberadaanya berkat adanya nomor resi.

 

Tidak masalah jika paket sampai tepat waktu, namun jika paket telat, atau bahkan mengalami kendala saat pengiriman? Tentunya customer akan bertanya-tanya tentang keberadaan paket dan tentu saja mulai meragukan toko online, apalagi jika hal ini dialami oleh customer baru yang baru pertama kali belanja.

 

Siapa yang ingin reputasi toko onlinenya dipertanyakan hanya gara-gara nomor resi? Tidak ada kan?

Oleh sebab itu, jangan ambil resiko. Pastikan nomor resi selalu dibagikan kepada seluruh customer, baik customer baru maupun lama. Jangan sampai toko online laris tapi kurang servis!

RECENT POST

By | June 21st, 2017
By | June 20th, 2017
By | June 15th, 2017
By | June 12th, 2017
By | June 9th, 2017
By | June 7th, 2017

contact us

GET IN TOUCH

If you've got any question or feedback, just drop us a line

SUBSCRIBE

Enter your email address to get the latest news and special events