Jika memiliki website, Anda tak akan mengalami kejadian ini!

Hari yang sangat sibuk seperti biasa. Notifikasi Facebook, BBM, Line dan WA tak henti-hentinya berbunyi. Akhirnya toko online yang Anda bangun 2 tahun yang lalu kini mulai menampakaan hasil. Orderan melimpah setiap harinya sampai-sampai pengiriman paket pun dilakukan 2x sehari agar muat dijemput kurir.

 

Jika dulu Anda mengerjakan semuanya seorang diri, mulai dari upload produk, promosi, jawab chat customer, cek ongkir, packing dan lainnya. Kini sudah ada 2 orang karyawan, satu orang sebagai Admin/Customer Service yang menghandle seluruh kegiatan online, satu orang lagi yang mengerjakan bagian offline seperti merekap orderan, menghandle stock produk, membeli segala keperluan logistik, packing dan lainnya.

 

Sangking sibuknya, Anda bahkan tak sempat mengecek notifikasi-notifikasi lain selain orderan.  Sampai akhirnya, pagi ini saat Anda berniat membuka toko, Anda mendapati Instagram toko online Anda, yang followernya sudah belasan ribu orang, tiba-tiba raib.

 

ALAMAKKK!!

 

Shock? Pasti!

Bingung? Pasti!

 

Bagaimana ini? Padahal kemarin masih banyak orderan yang masuk melalui DM Instagram yang sudah ditransfer dan belum sempat direkap di buku orderan karena sudah jam tutup. Sudah pasti Anda cepat-cepat melaporkan hal ini ke tim support Instagram. Namun, tentunya masalah seperti ini tak akan selesai dengan cepat bukan?

 

Sementara itu customer tidak bisa menunggu! Jika tidak ada kabar kejelasan dari seller, apalagi akun Instagram yang tiba-tiba menghilang tanpa pemberitahuan, apalagi customer sudah melakukan pembayaran, bukan tak mungkin customer akan berpikir yang tidak-tidak bahkan menuduh toko online Anda melakukan tindakan penipuan. GAWAT!

 

Bagaimana cara menghubungi customer yang sudah terlanjur transaksi di Instagram tanpa mengetahui nomor kontak mereka?? Padahal Instagram adalah satu-satunya media Anda berjualan online. Anda pun mulai frustasi memikirkan hal ini!

 

Jangan sampai kejadian di atas menimpa toko online Anda. Usaha dan reputasi yang Anda bangun bertahun-tahun dengan susah payah mulai dari nol, harus terbang begitu saja gara-gara akun Instagram menghilang. Lalu, bagaimana cara mencegah hal-hal tidak terduga semacam ini? Salah satunya adalah dengan memiliki website toko online.

 

Kenapa website toko online?

Memang membuka banyak toko online melalui  Instagram, Facebook, marketplace atau lainnya terasa sangat menggiurkan karena mampu menghasilkan omset lumayan dan tidak ada beban biaya alias GRATIS. Namun, Anda tetap harus mengingat bahwa toko online tersebut hanyalah “menumpang” di sana dan harus tunduk pada semua aturan si empunya, mau tidak mau, suka tidak suka.

 

Berbeda halnya dengan website, website dapat diibaratkan sebuah kantor pusat bagi toko online Anda. Kantor milik Anda sendiri, yang seluruh aturannya Anda tentukan sendiri. Jadi tidak akan ada kejadian tiba-tiba toko online Anda menghilang tanpa pemberitahuan. Lebih aman tentunya.

Website seperti apa yang bagus?

Banyak web developer yang menawarkan website yang bagus, tentu saja hal ini membuat Anda bingung. Namun, pastikan Anda memilih website yang memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Terintegrasi antarplatform
  2. Memiliki banyak variasi tema yang menarik
  3. Biaya maintenance yang murah
  4. Memiliki auto-notification email
  5. Tersedia laporan dashboard transaksi dan produk untuk memonitor perkembangan usaha
  6. User friendly
  7. Responsive design

Lebih bagus lagi jika ada penawaran menarik lainnya seperti website yang langsung terhubung dengan 200++ reseller online, GRATIS tanpa ada tambahan biaya, seperti ITtron Mall. Dengan begitu, Anda tak akan berjualan sendirian lagi karena produk akan dibantu dijualkan oleh banyak reseller. Asyik bukan?

Tertarik? Hubungi kami J

RECENT POST

By | June 24th, 2017
By | June 21st, 2017
By | June 15th, 2017
By | June 12th, 2017
By | June 9th, 2017
By | June 7th, 2017

contact us

GET IN TOUCH

If you've got any question or feedback, just drop us a line

SUBSCRIBE

Enter your email address to get the latest news and special events