• Beranda
  • Blog
  • 5 Faktor yang Mendorong Platform Digital Perusahaan Bertransformasi

1. Multisaluran 

Pelanggan yang memulai transaksi di web dan kemudian beralih untuk menyelesaikannya di ponsel atau tablet menginginkan pengalaman yang mulus selama transaksi. Perusahaan perlu mengubah platform digital mereka yang kira-kira sudah ketinggalan jaman untuk memungkinkan pengalaman omnichannel, sehingga pelanggan tidak pindah ke platform lain. 

2. Penjualan Berbasis Layanan 

Pelanggan menggunakan saluran digital untuk penjualan dan layanan. Integrasi antara frontend digital, sistem backend dukungan pelanggan, dan sistem e-commerce akan diperlukan untuk meningkatkan pengalaman penjualan dan langganan para konsumen.

3. Pengalaman konsumen dan karyawan yang terintegrasi 

Di lokasi seperti toko, bank, atau hotel, interaksi antara perangkat digital konsumen dan perangkat digital karyawan menghasilkan sejumlah peluang untuk inovasi. Misalnya, konsumen dapat check-in dengan aplikasi seluler di bank yang memberi tahu teller melalui tablet teller seluler yang mendukung kerja mereka. Teller kemudian dapat melakukan percakapan yang dipersonalisasi dengan pelanggan, berdasarkan kecerdasan buatan yang diberikan ke tablet, berdasarkan data yang disediakan oleh aplikasi konsumen saat check-in.

4. Mengintegrasikan dengan data eksternal

Perusahaan berbasis teknologi digital sering mengandalkan login sosial untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi secara sosial. Tetapi mengingat fakta bahwa hanya sebagian kecil pelanggan yang masuk secara sosial, platform digital harus membuat perbedaan, misalnya harus mampu menjadi perantara, melacak, menganalisis, dan memanfaatkan interaksi sosial pelanggan dengan perusahaan termasuk suka, bagikan, dan tweet, apa pun salurannya. 

5. Munculnya perangkat yang dapat dikenakan dan perangkat yang terhubung

Perangkat yang terhubung akan mengubah dinamika antara pelanggan dan bisnis sekali lagi. Misalnya, saat Anda memasuki rumah, AC bertenaga suar tahu berapa suhu untuk mengatur termostat. Saat Anda bangun, pembuat kopi mulai menyeduh kopi secara otomatis. Saat Anda berkendara jauh dari rumah, pintu garasi tahu apa yang harus dilakukan. Dunia sekarang berputar di sekitar Anda. Kebutuhan untuk mengintegrasikan perangkat yang terhubung ke backend Anda akan membutuhkan sistem digital yang harus ditingkatkan.

Berdasarkan kelima faktor di atas, maka platform digital akan berperan sebagai fondasi yang diperlukan untuk memungkinkan transformasi digital setiap perusahaan. Jadi, kalau Anda belum punya platform digital, buat sekarang juga! Hubungi Ittron untuk membantu Anda. silahkan hubungi info@ittron.co.id untuk informasi lebih lengkap.