Desain hebat tidak hanya terjadi secara kebetulan. Seorang desainer hebat secara strategis memilih berbagai elemen penting dalam desain seperti warna, bentuk, dan tipografi yang semuanya berdampak pada bagaimana pengguna nantinya melihat dan terlibat dengan sebuah website. Ada enam elemen desain yang menjadi dasar menciptakan website yang nyaman untuk pengguna. 

Enam elemen itu antara lain: 

  1. Garis

Elemen desain pertama dan paling dasar adalah garis. Dalam desain, garis adalah dua titik yang terhubung. Garis-garis ini bisa lurus atau melengkung, dan mungkin halus, kasar, terus menerus, patah, tebal, atau tipis. Fungsi garis antara lain: 

  • Menciptakan pembagian dan hierarki dalam desain Anda
  • Membantu mengarahkan mata pengguna ke informasi tertentu atau titik fokus tertentu. 
  • Membuat bahasa subliminal dalam desain Anda. Garis diagonal, misalnya, menunjukkan gerakan. Garis lurus lebih teratur dan bersih.
  1.  Bentuk

Elemen desain kedua adalah bentuk, ketika garis dua dimensi melingkupi suatu area. Bentuk bisa geometris (seperti lingkaran, segitiga, atau persegi), atau bisa organik (seperti daun, bunga, dan hewan). Batasan termasuk garis dan warna pada akhirnya menentukan bentuk dan juga dapat membantu menekankan area halaman.

  1. Warna

Warna adalah elemen desain lain yang kuat dan memiliki fungsi untuk menciptakan dan membangun image dari brand Anda. Misalnya, merah biasanya menandakan cinta. Bisa juga diberi elemen warna hijau untuk menandakan ketenangan, keberuntungan, dan kesehatan.

  1. Tipografi

Tipografi merupakan bagian penting dari desain grafis, web, dan antarmuka pengguna. Tipografi penting untuk menyampaikan makna atau pesan yang ingin perusahaan sampaikan kepada pengguna. Misalnya, font Serif seperti Times New Roman cenderung membangkitkan kesan serius, sedangkan font Sans Serif seperti Open Sans dapat memberikan kesan lebih modern atau santai.

Selain itu, ukuran font juga berguna untuk menarik perhatian pengguna. Ketika font yang lebih kecil ada di bawah font berukuran besar, pembaca secara naluriah tahu bahwa itu adalah subbagian yang akan mendukung judul dan memberikan lebih banyak konteks atau informasi. Detail font Anda yang lebih kecil ini termasuk ketebalan, tinggi, dan ukuran semuanya penting saat Anda mempertimbangkan tipografi dalam desain UI Anda.

  1. Tekstur

Tekstur mengacu pada bagaimana menciptakan pengalaman yang lebih dinamis dan menarik secara visual sekaligus menambah kedalaman desain Anda. 

  1. Ruang

Ruang mengacu pada area di atas, di bawah, di sekitar, atau di belakang suatu objek. Ruang berfungsi untuk membuat objek atau subjek yang dijelaskan atau dipromosikan dalam web menjadi mendapatkan perhatian yang pas. 

Ittron selalu memperhatikan enam elemen tersebut untuk menciptakan website. Sebab kenyamanan pembaca adalah faktor penting untuk meningkatkan performa website. Terutama jika website yang dibuat adalah website untuk e-commerce, Ittron juga dapat membantu.