Kalau Anda berminat untuk memulai karir di bidang desain, Anda harus memastikan diri dapat memenuhi tujuh langkah di bawah ini untuk jadi desainer UX/UI yang handal.

Langkah 1: Pahami peran Anda

Untuk memulai, Anda harus terlebih dahulu memahami apa yang ingin Anda lakukan, misalnya:

  • Jika Anda suka mengerjakan bagian visual dari desain, pertimbangkan untuk menjadi desainer UI.
  • Jika Anda lebih suka menganalisis bagaimana produk bekerja dengan pengguna dan menguji opsi antarmuka yang berbeda, Anda harus menjadi desainer UX.
  • Jika keduanya tampak menarik bagi Anda dan Anda juga ingin memahami produk secara mendalam dan bertanggung jawab atas peningkatannya, maka peran desainer UX/UI atau desainer produk adalah yang cocok untuk Anda.

Langkah 2: Kuasai alat untuk bekerja

Berikut adalah beberapa contoh alat paling populer untuk desainer saat ini: 

  • Sketc.com untuk desain UI.
  • Figma.com untuk desain UI dengan fitur kolaborasi yang bermanfaat.
  • Balsamiq.com untuk tata letak bangunan.
  • Invisionapp.com untuk membuat prototipe dan berkolaborasi di dalamnya.

Langkah 3: Tingkatkan wawasan untuk mendesain

Jika Anda ingin menjadi seorang desainer, Anda perlu mulai memperhatikan desain di sekitar Anda dan meningkatkan wawasan dari semua desain yang dapat Anda lihat. Memperluas wawasan akan membantu Anda memahami standar dan tren industri dengan lebih baik dan mempelajari cara mengevaluasi situs web atau aplikasi dari sudut pandang profesional.

Langkah 4: Miliki ciri khas 

Jika Anda ingin menjadi desainer UX/UI tetapi tidak memiliki pengalaman kerja, cara terbaik untuk memulai adalah dengan memahami cara kerja orang lain. Ini tidak berarti menyalin karya orang lain, melainkan terinspirasi oleh apa yang Anda lihat. 

Kebiasaan melihat karya desainer yang Anda kagumi, memperhatikan detail tertentu, memahami bagaimana desainer menggunakan gaya dan elemen yang berbeda, dan akhirnya Anda pun akan menemukan ciri khas Anda sendiri.

Langkah 5: Temukan mentor 

Temukan mentor yang sudah berbagi keahlian mereka dalam bentuk artikel blog, vlog, dan akun jejaring sosial. Tonton apa yang mereka lakukan program baru apa yang mereka pelajari dan konferensi mana yang mereka ikuti. 

Langkah 6: Ikuti kursus

Sementara beberapa orang lebih suka mempelajari rahasia profesi tertentu di rumah melalui pendidikan mandiri, yang lain dapat memperoleh banyak manfaat dari kursus online yang mengajarkan dasar desain.

Langkah 7: Buat portofolio Anda 

Terakhir, Anda perlu membuat portofolio yang memamerkan keahlian Anda. Portofolio harus dimiliki jika Anda ingin mulai mencari pekerjaan sebagai desainer UX/UI. Untuk seorang desainer, portofolio berfungsi sebagai kartu nama dan resume menjadi satu.  Dengan melihatnya, pencari karyawan akan langsung tahu apakah akan memulai proses wawancara atau memilih kandidat lain yang lebih cocok.

Demikian itu informasi langkah-langkah menjadi desainer UI/UX yang handal. Kalau Anda membutuhkan desainer handal, Anda bisa menghubungi Ittron yang merupakan developer teknologi dengan fokus ke proyek teknologi customize. Silahkan explore portofolio dan jasa ittron di website ini.