• Beranda
  • Blog
  • Arti dan Dasar-dasar Warna untuk Desain Web

Warna adalah salah satu alat paling ampuh untuk komunikasi visual. Warna dapat memengaruhi emosi, suasana hati, dan perilaku kita. Itulah mengapa sangat penting bagi desainer produk dari Ittron selalu memilih warna dengan hati-hati. Kenapa? Di bawah ini penjelasan arti dan dasar-dasar teori warna untuk desainer dan memberikan informasi untuk membantu kita merancang skema warna yang efektif dan menarik secara visual.

Arti Skema Warna dalam Desain Web

Skema warna adalah istilah yang digunakan desainer seperti Ittron untuk menggambarkan kombinasi warna yang mereka gunakan dalam desain. Ada kombinasi warna tak terbatas di luar sana, mungkin sulit untuk memutuskan skema warna apa yang paling cocok untuk suatu produk. Untungnya, Ittron memiliki teori warna, disiplin yang membantu kami memilih kombinasi warna yang seimbang dan efektif.

Berikut adalah beberapa rekomendasi praktis dari teori warna yang akan membantu Anda memilih kombinasi warna yang kuat untuk sistem desain Anda.

  1. Batasi jumlah total warna

Mencapai harmoni dalam kombinasi warna adalah salah satu prinsip teori warna utama. Anda mungkin tergoda untuk menambahkan lusinan warna ke dalamnya, tapi lebih baik menghindari godaan itu. Mengapa? Karena sangat sulit untuk mencapai keseimbangan visual ketika Anda menggunakan terlalu banyak warna. 

Jaga skema warna tetap sederhana, dengan maksimal dua atau tiga warna. Beberapa desainer berpikir bahwa dua atau tiga warna akan membatasi kreativitas mereka, tetapi itu tidak benar. Anda dapat membuat kombinasi visual yang menarik dengan bermain nuansa dan warna tersebut. 

  1. Gunakan roda warna untuk memilih warna

Sudah menjadi hal yang umum kalau desainer, begitu pula dengan desainer di Ittron, telah mengandalkan roda warna untuk memilih kombinasi warna yang harmonis. Roda warna meliputi: 

  • Warna primer yaitu warna merah, kuning, biru)
  • Warna sekunder yaitu campuran warna primer; oranye, hijau, dan ungu
  • Warna tersier yaitu warna yang dibuat dengan mencampurkan bagian yang sama dari satu warna primer dan satu warna sekunder; russet, buff, dan lain sebagainya.

Kombinasi warna yang tepat dapat memikat pengguna semakin betah melihat website atau menggunakan aplikasi yang kita rilis.