• Beranda
  • Blog
  • Situs Web Custom vs Template : Kelebihan dan Kekurangan

Menggunakan template situs web pribadi atau bisnis yang dibeli misalnya dari wordpress atau blogspot dapat tampak seperti pilihan yang lebih mudah dan lebih murah daripada situs web yang dibuat custom. Akan tetapi, sebenarnya desain web custom justru memberi Anda lebih banyak fleksibilitas atas situs Anda. Berikut kelebihan dan kekurangan dari situs web custom vs template yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda meluncurkan situs pribadi atau bisnis Anda sendiri.

Situs Web Custom

Kelebihan

Situs web custom  memiliki beberapa kelebihan berupa:

  1. Anda memiliki kontrol penuh atas setiap aspek desain dan setiap fitur yang Anda butuhkan. 
  2. Anda dapat meminta pengembang menggunakan bahasa pemrograman atau teknologi tertentu yang Anda kenal.
  3. Anda mendapatkan fleksibilitas karena situs Anda dapat dengan mudah menskalakan saat kebutuhan branding usaha Anda berubah karena Anda tidak terikat dengan struktur template apa pun.
  4. Anda dapat memperluas situs web Anda atau bahkan mengubah seluruh desain dengan mudah. 
  5. Anda juga dapat dengan mudah menyesuaikan situs web agar sesuai dengan perangkat yang berbeda seperti tablet dan ponsel.
  6. Situs web yang dibuat khusus juga cenderung memiliki pengoptimalan mesin telusur yang lebih baik. Pengembang web yang terampil tahu seluk beluk cara menyusun situs agar menonjol di mesin pencari. 

Kekurangan

Di saat ada kelebihan, maka pasti ada kekurangannya. Berikut adalah kekurangan memiliki situs web yang dibuat custom.

  1. Situs web Anda mungkin akan membutuhkan waktu pengembangan yang lebih lama.
  2. Anda harus terlebih dahulu menemukan pengembang yang cocok dan kemudian bekerja dengan mereka untuk menghasilkan desain. 
  3. Membuat situs web custom juga menghabiskan lebih banyak uang karena kerja ekstra pengembang yang membuat semuanya dari awal, setiap halaman dan fitur membutuhkan waktu lebih lama untuk diterapkan. 
  4. Prosesnya juga bisa menjadi lebih mahal jika Anda perlu meminta perubahan/revisi di setiap tahap pengembangannya.
  5. Memiliki situs web yang dibangun dari awal juga memiliki beberapa risiko, misalnya jika Anda memilih pengembang yang salah, desain situs Anda mungkin tidak dapat diakses atau menjadi kurang menarik. 

Template

Kelebihan 

Berikut kelebihan dari membangun website menggunakan template website profesional seperti wordpress. 

  1. Biaya pengembangan lebih rendah bahkan beberapa template tidak memerlukan biaya apa pun, jadi Anda hanya perlu membayar seseorang untuk melakukan penyesuaian jika Anda membutuhkannya. 
  2. Anda bisa merilis website kapan saja karena template sudah siap digunakan.
  3. Meskipun situs web template tidak memiliki fleksibilitas sebanyak situs yang dibuat custom, template pun sudah  memiliki fleksibilitas standar yang umumnya memenuhi syarat standar untuk melakukan promosi. Dalam banyak kasus, Anda bahkan tidak perlu tahu cara membuat kode untuk menambahkan fitur ini atau mengedit situs web template Anda, karena semuanya sudah tersedia.

Kekurangan 

Kekurangan dari penggunaan template menjadi situs web bisnis adalah sebagai berikut;

  1. Situs web Anda cenderung terlihat kurang unik. Aksesibilitas template yang mudah berarti banyak individu dan bisnis memilih opsi tersebut. Jadi, Anda mungkin menemukan situs web Anda sangat mirip dengan banyak situs web lain yang Anda lihat di web.
  2. Situs web template juga cenderung hadir dengan opsi dukungan yang lebih sedikit daripada situs yang dibuat custom.
  3. Situs web yang terbuat dari template juga dapat memiliki beberapa masalah dengan aksesibilitas. Meskipun pengembang dapat membuat situs web khusus yang berfungsi di semua jenis perangkat yang berbeda, tidak semua template dibuat dengan fungsi ini. 
  4. Anda mungkin juga perlu membayar lebih banyak untuk mendapatkan desain template responsif yang terlihat bagus di layar kecil dan besar.
  5. Anda akan mengalami banyak batasan untuk melakukan penyesuaian keseluruhan yang Anda butuhkan dengan situs web template. 

Pilih Opsi Terbaik untuk Anda

Setelah membaca kelebihan dan kekurangan diatas, sekarang Anda dapat mempertimbangkan apakah Anda harus menggunakan situs web custom atau template. Kebutuhan, anggaran, waktu, dan keberadaan sumber daya manusia pendukung Anda pada akhirnya akan menentukan opsi yang tepat untuk Anda.

Jika Anda perlu membuat situs web custom untuk kebutuhan bisnis, Anda dapat menghubungi Ittron untuk membuatkannya. Untuk situs web yang kompleks seperti toko online, membangun situs web secara custom menurut kami adalah pilihan yang tepat.